Pemberian Nama Bagi si Buah Hati


Mendapatkan si buah hati adalah anugerah yang terindah, Dikehendaki ataupun tidak, anak adalah amanat bagi sepasang manusia yang disebut orang tua, Disebut amanat  karena memang sejak awal ia adalah makhluk yang tidak berdaya. Ia lahir ke dunia tanpa membawa apa-apa, sehelai kainpun tidak, ia hanya berupa sesosok mungil yang mengeluarkan suara, yang berupa tangisan yang tidak dapat dipahami, selain permintaan, permohonan, atau apapun namanya, yang pasti ia tengah menginginkan sesuatu.

Banyak tindakan yang dilakukan untuk menyambut kehadirannya. Salah satunya memberikan nama untuk si buah hati tercinta. Nama adalah identitas penting yang akan menyertai sang bayiseurur hidup bahkan sampai kapanpun. Bahkan ada anggapan bahwa nama adalah doa, sehingga tidak mustahil nama akan membentuk karakter tersendiri bagi sang bayi dewasa kelak. Karenanya, selayaknya pemberian nama tidak asal saja.  Memberikan nama memerlukan pertimbangan dan pemikiran yang matang. Pasalnya nama yang baik bukan hanya sekedar indah, namun memiliki arti atau makna yang baik pula. Jika perlu pemberian nama hendeknya dimusyawarakan. Sehinggan tidak menyesal di kemudian hari.

Sebuah nama adalah modal utama yang diberikan orang tua sebelum anak nendapatkan pendidikan. Nama yang baik dan indah didengar akan memberikan kesan yang baik bagi orang yang membaca atau mendengar nama si anak.